21 Penjelasan Berkedut, Gatal untuk Mengapa Kulit Kepala Anda Gatal

21 Penjelasan Berkedut, Gatal untuk Mengapa Kulit Kepala Anda Gatal

21 Penjelasan Berkedut, Gatal untuk Mengapa Kulit Kepala Anda Gatal
21 Penjelasan Berkedut, Gatal untuk Mengapa Kulit Kepala Anda Gatal
Sedikit gatal di sini dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tetapi ketika Anda berharap dapat mengambil penggaruk di kepala Anda, inilah yang mungkin terjadi.

Gatal adalah gejala, bukan suatu kondisi

Lagi-lagi ada perasaan geli di atas. Seberapa baik rasanya menjangkau dan menyapu kuku Anda beberapa kali? Tetapi Anda tidak berani karena begitu Anda mulai, sangat sulit untuk berhenti. Sebagai ahli kulit yang terlatih dari Harvard, Khalil A. Khatri, MD mengakui, "Begitu Anda masuk ke dalam" siklus gatal-gatal-gatal, sulit untuk keluar dari itu. "Ini menjengkelkan ketika kepala Anda gatal bukan hanya karena sangat sulit untuk tidak untuk menggaruk, tetapi juga karena itu biasanya merupakan gejala dari sesuatu yang lain. Jadi apa artinya ketika kepala Anda terasa gatal? Jangan takut. Ada banyak alasan untuk kulit kepala gatal Anda, kami diyakinkan oleh Dana R. Brewer, PA, asisten dokter dengan spesialisasi di bidang dermatologi, dan sebagian besar dari mereka sangat mudah dirawat. Dan di sini ada 8 hal lain yang ingin diceritakan oleh rambut Anda tentang kesehatan Anda.

Kutu rambut

Oke, mari kita hindari yang ini. Katakanlah Anda memiliki anak-anak usia sekolah, dan Anda mendapati diri Anda bertanya, "Mengapa kulit kepala saya gatal?" Apakah ada cara Anda tidak akan bertanya-tanya apakah itu kutu kepala? Kutu kepala adalah serangga kecil yang menempel pada rambut. "Kutu kepala dapat dilihat dalam bentuk telur, alias telur kutu, di sepanjang batang rambut," jelas Rhonda Q. Klein, MD. Meskipun telur kutu dapat dikacaukan dengan ketombe, ketika Anda melihat kutu dewasa bergerak di sekitar kepala Anda, itu tidak salah lagi. "Anda dapat menggunakan metode fisik untuk menghilangkan kutu," kata Dr. Klein, "dan Anda dapat mencoba sampo kutu alami dan penghilang kutu alami," meskipun apa yang mungkin Anda perlukan untuk memberantas kutu adalah "insektisida" yang sebenarnya. seperti piretrin dan permetrin, ”tergantung pada pola resistensi di daerah Anda. "Mencukur rambut di kepala juga merupakan solusi yang mudah untuk anak laki-laki." Pastikan Anda tahu cara mengenali perbedaan antara ketombe dan kutu.

Kudis

Jika bukan kutu, Anda mungkin berharap itu ketika Anda belajar tentang kudis, yang menurut Dr. Khatri dapat menyebabkan gatal tidak hanya pada kulit kepala tetapi juga pada seluruh tubuh.

Kudis adalah kutu dari "tungau gatal manusia" (alias sarcoptes scabiei var. Hominis). Tungau kudis betina dewasa menggali ke dalam lapisan atas kulit, tempat mereka tinggal dan menyimpan telurnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Tungau kudis mikroskopis hampir selalu ditularkan melalui kontak langsung, lama, dari kulit ke kulit dengan orang yang sudah terinfeksi. Kudis pada orang dewasa sering diperoleh secara seksual, meskipun juga dapat menyebar tanpa kontak seksual dalam kondisi ramai, termasuk rumah tangga, panti jompo, fasilitas perawatan luas, fasilitas perawatan anak, dan penjara.

Ketombe

Jadi, katakanlah Anda mengesampingkan kutu dan kudis kepala. Jika Anda masih bertanya "mengapa kulit kepala saya gatal," maka ketombe kemungkinan besar adalah pelakunya. Atau lebih khusus lagi, seborrheic dermatitis, yang dianggap sebagai bentuk ketombe parah yang disebabkan oleh reaksi berlebihan tubuh terhadap ragi normal yang hidup di kulit, menurut Jennifer Haley, MD, FAAD, seorang ahli dermatologi bersertifikat papan yang berbasis di Scottsdale, Arizona. Ketombe mempengaruhi sekitar 40 persen orang dan cenderung datang dan pergi selama masa hidup seseorang. "Perubahan cuaca, stres, dan peningkatan gula dalam makanan bisa membuatnya keluar."

Obat bebas termasuk produk yang mengandung bahan aktif, asam salisilat (seperti Neutrogena T / Sal Shampoo) dan produk yang mengandung antijamur seperti Ketoconazole atau Selenium Sulfide (Selsun Blue Shampoo mengandung yang terakhir). Obat alami untuk ketombe termasuk minyak pohon teh. Dan produk yang disebut Scalpicin dapat membantu mengurangi rasa gatal, saran Dr. Haley. Jika obat bebas tidak menyelesaikan masalah ini, maka temui dokter kulit bersertifikat, yang tidak hanya dapat meresepkan steroid anti-inflamasi tetapi juga menentukan apakah ada kondisi lain yang menyebabkan gejala kulit kepala gatal Anda. Pelajari 5 penyebab ketombe yang paling umum.

Reaksi alergi

Jika Anda baru-baru ini mewarnai rambut Anda, mungkin Anda mengalami alergi terhadap pewarna. Ini benar bahkan jika Anda telah menggunakan produk sebelumnya tanpa insiden. "Jika warna rambut bersifat sementara atau semi-permanen, itu dapat dihilangkan," jelas Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit dan direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Rumah Sakit Mount Sinai di New York, "tetapi jika itu adalah pewarna permanen, itu menyajikan situasi yang lebih menantang, meskipun ada produk di pasaran yang dapat menghilangkan pewarna permanen sama sekali. ”
“Orang-orang dapat bereaksi terhadap apa pun yang mereka kenakan di kulit kepala mereka — dari sampo ke pewarna rambut hingga Rogaine,” kata Dr. Haley. “Dan jangan lupa tentang perawatan keratin yang menghaluskan rambut itu, tambah Dr. Klein.

Untuk menunjukkan dengan tepat produk atau bahan penyebabnya, disarankan Tsippora Shainhouse MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat di Beverly Hills dan Instruktur Klinik di University of Southern California, coba gunakan satu produk pada satu waktu selama satu minggu pada suatu waktu, daripada menggabungkan banyak produk. pada saat yang sama. ”Dan kemudian ketika kulit kepala Anda pulih, pilihlah hanya formulasi kulit yang lembut dan sensitif.

Psoriasis atau eksim

Kulit kepala yang gatal juga dapat disebabkan oleh kondisi kulit yang meradang seperti eksim (alias dermatitis atopik, terutama pada bayi, eksem dapat timbul pada kulit kepala) dan psoriasis (yang lebih cenderung muncul pada kulit kepala orang dewasa). Zeichner mengatakan menjelaskan bahwa kondisi ini muncul ketika sistem kekebalan tubuh Anda menjadi "marah" pada kulit Anda, menyebabkan bercak merah, bersisik, gatal.

Psoriasis terlihat mirip dengan ketombe tetapi biasanya lebih tebal dan merah, catat Esta Kronberg, MD, seorang dokter kulit di Houston, Texas, tetapi dapat diobati dengan cara yang sama dengan pengobatan ketombe. Untuk eksim dan psoriasis, Dr. Klein merekomendasikan steroid topikal, analog vitamin D (kalsipotrien), tar batubara, asam salisilat, laser excimer, fototerapi, dan agen imunomodulator untuk kasus yang parah. Untuk bantuan lebih lanjut, cobalah salah satu dari perawatan psoriasis dan eksim alami ini.

Terbakar sinar matahari

Mungkin kulit kepala Anda yang gatal tidak lebih dari sengatan matahari, Dr. Shainhouse menyarankan. Jika Anda keluar seharian dan lupa mengenakan topi, pikirkan terlebih dahulu sengatan matahari, dan dapatkan sedikit bantuan dengan mandi air dingin dan krim hidrokortison (tersedia di apotek).

Kulit kepala kering

Bulan-bulan musim dingin dapat datang dengan udara kering, baik udara luar yang dingin atau udara dalam ruangan yang dipanaskan. Kekeringan mengupas kulit kepala dari minyak pelindungnya, menurut Dr. Shainhouse, yang menyarankan bahwa jika kepala Anda menjadi gatal di musim dingin, rencana tindakan pertama Anda bisa mencoba kondisioner rambut yang melembabkan atau kulit kepala dan rambut sekali seminggu topeng.

Kotoran dan keringat

"Ketika Anda tidak cukup sering mencuci rambut, minyak alami, kotoran, dan residu produk menumpuk di akar dan kulit kepala Anda, menyebabkan Anda gatal dan gores," kata Dr. Shainhouse. "Kulit kepala mirip dengan kulit wajah dan perlu dicuci." Dr. Shainhouse merekomendasikan untuk mencuci setiap dua hari sekali. Jika Anda merasa helai rambut Anda terlalu kering untuk sering dicuci, balikkan kepala Anda ke bak cuci dan fokuskan hanya pada akarnya. Gosok kulit kepala dan akar Anda dengan sampo dan pastikan bahwa itu berbusa sebelum dibilas untuk melarutkan sisa minyak dan kotoran.

Demikian juga, kulit kepala Anda bisa gatal karena Anda hanya melewatkan mandi setelah “kelas perintis super,” saran Dr. Shainhouse. "Ketika keringat di kulit kepala Anda mengering, itu bisa mengiritasi kulit, membuatnya terasa gatal." Solusi sederhana: Cuci rambut Anda setiap kali Anda berkeringat / berolahraga. Plus, 9 retas ini dapat membantu mengatasi masalah kulit musim panas yang umum juga.

Rosacea

Rosacea secara klasik hadir sebagai flush merah dan (kadang-kadang) jerawat di wajah. Rosacea dapat terbakar dalam panas, setelah makan makanan dan minuman pedas, panas, atau berkafein, atau sebagai akibat dari stres emosional. Sementara itu biasanya mempengaruhi pipi, dagu, dan hidung, kata Dr. Shainhouse, itu berpotensi mempengaruhi kulit kepala, menyebabkan rasa gatal atau sensasi terbakar atau menyengat. Jika Anda berpikir Anda mungkin menderita rosacea, temui dokter kulit Anda untuk mengetahui rencana manajemen terbaik.

Folikulitis

Jika kulit kepala gatal Anda disertai dengan apa yang tampak seperti jerawat merah — dengan rambut di bagian tengahnya masing-masing — Anda mungkin melihat pada kasus folikulitis, menurut Dr. Khatri. Jerawat mungkin memiliki nanah di dalamnya, dan mereka mungkin gatal atau terbakar. Ketika jerawat pecah, mereka bisa mengeluarkan nanah, darah, atau keduanya.

Jika Anda mencelupkan dalam bak mandi air panas sekitar 72 jam yang lalu, maka Anda mungkin memiliki apa yang disebut "hot tub folliculitis," yang mungkin datang dengan demam ringan dan perut yang kesal. Sebagian besar waktu, gejalanya hilang dengan sendirinya dalam waktu seminggu hingga 10 hari. Secara topikal, Anda dapat menggunakan pembersih antibakteri, Dr. Kronberg menyarankan, tetapi jika sepertinya tidak bersih sendiri, Anda mungkin memerlukan antibiotik oral. Folliculitis hanyalah salah satu dari banyak kondisi kulit yang terlihat seperti jerawat.

Jamur

Infeksi jamur (bukan yang sama yang menyebabkan ketombe) dapat menyebabkan kulit kepala gatal juga, kata Dr. Haley, meskipun ini lebih umum pada anak-anak. Infeksi jamur dapat disebabkan oleh kelembaban yang tersisa di kulit kepala untuk waktu yang lama, kata Dr. Kronberg. Jika Anda memilikinya, Anda akan segera tahu karena tidak akan merespon apa pun kecuali antijamur oral, yang hanya dapat diresepkan oleh dokter Anda.

Jika Anda memiliki kemerahan dan kerak yang berkepanjangan, terutama jika disertai dengan nanah, kunjungi dokter Anda.

Kurap

Kurap, alias tinea capitis, adalah penyebab umum kulit kepala gatal pada anak-anak, kata Dr. Khatri. Kedengarannya menjijikkan, tetapi tidak perlu panik: Kurap tidak melibatkan cacing yang sebenarnya. Ini hanyalah infeksi jamur lain yang bisa Anda dapatkan di kulit kepala Anda (dan di mana pun di tubuh Anda, sebagai soal fakta). Kurap muncul sebagai ruam merah, bersisik, dan kadang-kadang gatal. Dr Klein mengatakan bahwa antijamur oral kadang-kadang diperlukan untuk menembus batang rambut. Kurap juga dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara pada anak-anak, kata Dr. Khatri. Berikut cara mengidentifikasi 14 ruam paling umum.

Ekor kuda yang terlalu ketat

Seperti kurap, memakai kuncir kuda bisa menyebabkan rambut rontok dan kulit kepala gatal. "Mengenakan rambut sepanjang hari, atau dalam gaya rambut yang terlalu ketat atau berat seperti kepang, roti, ekstensi, dan tenun, dapat menarik folikel rambut, menyebabkan stres dan jaringan parut seiring waktu, menyebabkan penipisan rambut dan kerontokan rambut," kata Dr Shainhouse berkata. "Namun, gaya ini juga menarik rambut dan saraf serta otot di sekitarnya ke arah yang tidak wajar, membuat kulit kepala Anda sakit dan kadang-kadang terasa gatal ketika Anda membiarkan rambut Anda turun." Solusi sederhana Dr. Shainhouse? Tetap berpegang pada gaya yang lebih longgar, pertahankan gaya rambut yang lebih ketat hanya untuk waktu yang singkat, dan variasikan gaya rambut Anda sepanjang minggu.

Alopecia areata

Penyebab lain dari kulit kepala gatal dan rambut rontok adalah alopecia areata. Dr. Zeichner menjelaskan alopecia areata sebagai suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh Anda “marah pada rambut Anda, menghasilkan sel-sel yang menyerangnya.” Pasien dapat mengembangkan bintik-bintik botak kecil, atau dalam kasus yang parah, mengalami kerontokan rambut total. Salah satu tanda awal alopecia areata adalah gatal di kulit kepala. Jadi, Dr. Zeichner menyarankan bahwa jika kulit kepala Anda gatal disertai dengan rambut rontok yang tidak dapat dijelaskan oleh kurap atau peningkatan (alias traksi alopecia), pastikan untuk mengunjungi dokter kulit bersertifikat untuk evaluasi. Ini adalah 10 gatal lainnya yang tidak boleh Anda gosok.

Lichen Planopilaris

Penyebab yang jauh lebih jarang dari gatal dan rambut rontok adalah Lichen planopilaris, menurut Dr. Haley. Lichen planopilaris adalah kondisi peradangan langka yang menghasilkan kerontokan rambut permanen progresif yang merata terutama pada kulit kepala. Menurut American Skin Association, kondisi ini mempengaruhi sekitar satu persen orang Amerika, yang sebagian besar berusia di atas 30 tahun. Tujuan pengobatan adalah untuk memperlambat perkembangan proses inflamasi, yang termasuk memperlambat hilangnya rambut.

Sarkoidosis

Alasan lain yang tidak biasa untuk gatal kulit kepala adalah sarkoidosis, menurut Dr. Klein. Sarkoidosis adalah pertumbuhan kumpulan kecil sel-sel inflamasi (granuloma) di berbagai bagian tubuh Anda. Dokter percaya bahwa sarkoidosis berasal dari sistem kekebalan tubuh yang merespon zat yang tidak diketahui, kemungkinan besar sesuatu yang dihirup dari udara. Seseorang dengan kulit kepala yang gatal seharusnya tidak menganggap mereka menderita sarkoidosis, kecuali ada gejala lain, termasuk:

  • Kelelahan
  • Demam
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Penurunan berat badan
  • Batuk kering yang persisten
  • Sesak napas
  • Desah
  • Sakit dada
  • Ruam benjolan merah atau ungu kemerahan, biasanya terletak di tulang kering atau pergelangan kaki, yang mungkin hangat dan lembut saat disentuh.
  • Menodai luka (lesi) di hidung, pipi, dan telinga
  • Area kulit yang lebih gelap atau warnanya lebih terang
  • Penglihatan kabur
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Gatal-gatal kulit kepala hantu

Dalam kasus yang jarang terjadi, kulit kepala yang gatal tidak memiliki penyebab organik sama sekali, yang berarti, tidak disertai dengan temuan medis objektif lainnya, Dr. Klein menjelaskan. Ini dikenal sebagai dysesthesia kulit kepala. Ini sering dipicu atau diperburuk oleh stresor psikologis atau fisik dan mungkin merupakan manifestasi dari masalah kejiwaan yang mendasari atau sindrom nyeri kronis. Ini biasanya terlihat pada pasien usia lanjut, dan pengobatan utamanya adalah antidepresan dosis rendah, yang dikatakan Dr. Klein dapat mengubah hidup pasien.

Penyakit tulang belakang leher

Anehnya, kulit kepala gatal yang tidak memiliki penyebab lain bisa menjadi tanda penyakit tulang belakang leher, yang mungkin terlihat dengan pencitraan, kata Dr. Klein. Mekanisme di sini dianggap terkait dengan ketegangan kronis dan pelampiasan saraf. Perawatan mungkin termasuk gabapentin (obat yang digunakan untuk nyeri saraf yang juga dapat membantu dalam mengobati gejala yang berhubungan dengan menopause), injeksi botox, dan suntikan epidural. Berikut adalah penyakit lain yang bisa diungkapkan oleh kulit gatal Anda.

Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun serius yang dapat timbul dengan gatal-gatal dan kulit kepala kering, kata Dr. Haley, tetapi juga melibatkan banyak gejala lainnya, yang mungkin termasuk artritis, fotosensitifitas, borok oral dan kulit, dan nyeri sendi. Biopsi kulit dapat membantu menyingkirkan Lupus. Untuk kulit kepala kering itu, Anda dapat mencoba menambahkan beberapa dari 21 obat kulit kering ini ke dalam rutinitas harian Anda.

Limfoma

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, kulit kepala yang gatal dapat menjadi tanda limfoma, kata Dr. Haley, secara khusus, bentuk yang disebut “Limfoma Sel-T Kulit.” Gatal dengan bentuk limfoma ini cenderung parah dan biasanya disertai dengan ruam dan pembesaran kelenjar getah bening. Ini mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita dan cenderung muncul setelah usia 50 tahun. Biopsi kulit akan membantu dalam diagnosis, serta tes darah.

Kanker kulit

Juga sangat jarang, gatal-gatal pada kulit kepala akan disebabkan oleh adanya lesi kanker kulit, menurut Dr. Khatri. Secara khusus, melanoma dapat menyebabkan gatal-gatal, tetapi begitu juga kanker kulit bentuk lain. Jika kulit kepala Anda terasa gatal, ada baiknya seseorang memeriksa apakah ada benjolan atau luka. Apa pun yang menyebabkan ketidaknyamanan parah atau tidak sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua minggu harus diperiksa oleh dokter. Dan pastikan Anda tidak pernah mengabaikan 10 kondisi kulit kepala ini.

0 Response to "21 Penjelasan Berkedut, Gatal untuk Mengapa Kulit Kepala Anda Gatal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel