Bagaimana Terapi Fotobiomodulasi Dapat Meningkatkan Kulit, Rambut, Metabolisme, dan Tiroid

Bagaimana Terapi Fotobiomodulasi Dapat Meningkatkan Kulit, Rambut, Metabolisme, dan Tiroid

Bagaimana Terapi Fotobiomodulasi Dapat Meningkatkan Kulit, Rambut, Metabolisme, dan Tiroid
Bagaimana Terapi Fotobiomodulasi Dapat Meningkatkan Kulit, Rambut, Metabolisme, dan Tiroid

Bukan hanya pola makan yang penting ... cahaya dapat memiliki efek besar pada tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Paparan sinar matahari yang cukup, misalnya, sebenarnya membuat tubuh memproduksi vitamin D, nutrisi penting. Fotobiomodulasi atau terapi lampu merah adalah cara lain menggunakan cahaya untuk memengaruhi kesehatan secara positif (meskipun tidak menghasilkan vitamin D).

Apa itu Photobiomodulation?

Terapi fotobiomodulasi (juga disebut PBM atau PBMT) adalah perawatan yang menggunakan laser berdaya rendah, dioda pemancar cahaya, atau sumber cahaya lainnya untuk memancarkan cahaya merah langsung ke tubuh. Itu tidak dapat dirasakan (meskipun ada cahaya merah yang menyala-nyala, itu tidak membuat panas apa pun) sehingga tidak menyebabkan rasa tidak nyaman. Fotobiomodulasi juga dikenal sebagai terapi lampu merah, terapi cahaya tingkat rendah (LLLT), terapi laser tingkat rendah, biostimulasi, stimulasi fotonik, atau terapi kotak cahaya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi cahaya yang berbeda memiliki efek biologis yang berbeda. Meskipun mungkin tidak terasa seperti apa pun yang terjadi, panjang gelombang spesifik lampu merah ini menembus sel dan menciptakan perubahan positif dalam tubuh. (Panjang gelombang cahaya merah yang paling efektif adalah pada kisaran 630 hingga 670 nm dan 810 hingga 880 nm.)

Fotobiomodulasi disetujui oleh FDA untuk beberapa kondisi seperti penyembuhan luka dan nyeri sendi. Kegunaan lain termasuk:
  • peningkatan produksi kolagen dan fibroblas alami
  • peningkatan aliran darah
  • peningkatan pemulihan otot
  • perbaikan jaringan lunak
  • peningkatan warna kulit
  • mengurangi insiden kondisi kulit
  • pengurangan peradangan
  • pengurangan stres oksidatif
  • pembentukan kapiler baru
  • aktivasi sistem limfatik
PBM biasanya ditoleransi dengan baik dan aman bagi kebanyakan orang. Beberapa mungkin mengalami efek samping ringan dan berumur pendek seperti iritabilitas sakit kepala dan ketegangan mata.

Bagaimana cara kerja Photobiomodulation?

Fotobiomodulasi bekerja dengan memengaruhi kesehatan di tingkat sel. Terapi ini meningkatkan produksi energi seluler yang meningkatkan banyak bidang kesehatan.

Produksi Energi Seluler

Semua makhluk hidup perlu membuat Adenosine Triphosphate (ATP) atau energi seluler. ATP adalah sumber energi untuk setiap sel dalam tubuh. Tanpa itu, kita tidak bisa berfungsi.

Ketika sel-sel sehat dan bahagia, ATP diproduksi oleh yang berikut ini:

Selama respirasi sel, suatu enzim, sitokrom c oksidase (CCO), membantu oksigen mengikat dengan NADH (nicotinamide adenine dinucleotide dan hidrogen).
Ini menghasilkan ATP synthase (diperlukan untuk produksi ATP).
ATP synthase mengubah energi proton menjadi ATP.

Ketika sel tidak sehat dan bahagia (karena penyakit, stres, dll.), Hal berikut terjadi:

Sel yang tertekan menghasilkan oksida nitrat.
Nitric oxide bersaing dengan oksigen dan berikatan dengan CCO.
Produksi ATP sintase tidak dapat diproduksi tanpa NADH dan oksigen.
ATP tidak dapat diproduksi tanpa ATP synthase.

Dengan kata lain, stres membuat produksi energi seluler menjadi sulit, jika bukan tidak mungkin.
Bagaimana Photobiomodulation Mempengaruhi Energi Seluler

Salah satu cara untuk memastikan kita memiliki sel-sel bahagia yang menghasilkan cukup ATP adalah dengan menyerap foton dari lampu merah ke dalam kulit.

Lampu merah dapat menembus 8 hingga 10 milimeter ke dalam kulit, yang cukup untuk mempengaruhi tubuh pada tingkat sel. Kemudian merangsang produksi spesies oksigen reaktif yang membantu mengirim sinyal dari mitokondria ke nukleus.

  • Lampu merah juga memutus ikatan oksida nitrat dengan CCO, yang memungkinkannya mengikat oksigen untuk membuat ATP sintase.
  • Karena fotobiomodulasi memiliki efek pada kesehatan mitokondria, setiap penyakit yang disebabkan oleh disfungsi mitokondria secara teoritis dapat dibantu dengan PBM. Faktanya, beberapa ahli percaya bahwa apa yang kita anggap sebagai kelelahan adrenal sebenarnya adalah disfungsi mitokondria, jadi PBM mungkin membantu dengan penyakit itu juga.

Apakah Photobiomodulation Sama Dengan Menggunakan Sauna Inframerah?

PBM berbeda dari manfaat kesehatan sauna karena tidak bekerja sama atau menggunakan panjang gelombang cahaya yang sama. Sauna inframerah menggunakan cahaya inframerah-dekat atau cahaya inframerah-jauh untuk memanaskan tubuh. Ini berdampak pada kesehatan dengan meningkatkan denyut jantung, keringat, dan protein peredam panas. Cahaya inframerah dari sauna tidak terlihat dan menembus jauh lebih dalam ke dalam tubuh dengan panjang gelombang 3.000-15.000 nm.

PBM tidak dirancang untuk melakukan hal-hal ini. Ini dimaksudkan untuk merangsang fungsi mitokondria dan produksi ATP, yang pada dasarnya memberi makan sel-sel sehingga berfungsi lebih baik.

Manfaat Photobiomodulation

Fotobiomodulasi memengaruhi kesehatan seluler sehingga berpotensi meningkatkan banyak bidang kesehatan.

Kulit

Fotobiomodulasi memiliki efek mendalam pada kulit pada model manusia dan hewan. Pertama, itu dianggap sebagai perawatan kulit anti-penuaan, meningkatkan keriput dan masalah kulit terkait usia lainnya.

PBM meningkatkan sirkulasi untuk membantu membentuk kapiler baru dan menghasilkan kolagen. Kolagen sangat penting untuk rambut, kulit, dan kuku yang tampak muda dan sehat. Faktanya, kolagen adalah sekitar 70% protein di kulit kita!

Terapi lampu merah juga meningkatkan produksi fibroblas. Fibroblast adalah sel-sel di dalam lapisan dermis (lapisan kedua) kulit. Mereka membantu menjaga jaringan ikat dan mensintesis kolagen, yang membantu penyembuhan luka. Lampu terapi merah merangsang fibroblast ini untuk melakukan pekerjaan penting ini.

Manfaat kulit lainnya termasuk mempercepat penyembuhan di:

  • terbakar
  • amputasi
  • cangkok kulit
  • luka yang terinfeksi
  • kerusakan kulit yang disebabkan oleh perawatan kanker, termasuk yang ada di mulut dan selaput lendir

Fotobiomodulasi dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, psoriasis, rosacea, dan eksim. Sekali lagi, ini dilakukan dengan merangsang produksi kolagen dan ATP.

Rambut

Setelah kehamilan, banyak wanita memiliki masalah kerontokan rambut. Saya tahu saya melihat terlalu banyak rambut yang terkuras di pagi hari setelah melahirkan. PBM adalah obat yang sangat baik untuk mengatasi kerontokan rambut. Sebuah studi 24 minggu menemukan bahwa peserta yang menggunakan helm pemancar lampu merah telah secara signifikan meningkatkan kepadatan rambut dan ketebalan rambut tanpa efek samping yang serius.

Alasan untuk perbaikan ini mungkin karena PBM meningkatkan produksi dan sirkulasi kolagen, yang pada gilirannya mendukung rambut yang sehat.

Metabolisme dan Berat

PBM juga bermanfaat untuk metabolisme dan dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Para peneliti dari studi tahun 2017 percaya bahwa fotobiomodulasi mempengaruhi sel-sel yang menyimpan lemak dengan mengurangi kadar protein (CTRP7) yang terkait dengan intoleransi glukosa, resistensi insulin, dan kadar trigliserida yang tinggi. Dengan kata lain, PBM dapat meningkatkan fungsi metabolisme dengan menekan CTRP7.

Fotobiomodulasi juga dapat memengaruhi nafsu makan. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam International Journal of Endocrinology menunjukkan bahwa cahaya dapat memengaruhi rasa lapar. Pada pasien yang kurang tidur, terapi lampu merah membantu mengontrol kadar hormon leptin dan ghrelin.

Leptin mempengaruhi nafsu makan dan konsumsi energi dengan mengganggu sinyal kelaparan alami tubuh. Leptin seimbang membantu mencegah ngidam dan makan berlebihan, yang pada gilirannya membantu menjaga berat badan yang sehat.

Tiroid

Sebagai seseorang yang menderita tiroiditis Hashimoto, saya benar-benar tertarik mempelajari fotobiomodulasi dan bagaimana hal itu dapat membantu tiroid. Apa yang saya temukan adalah bahwa PBM dapat memiliki dampak besar pada kesehatan tiroid.

Satu uji klinis 2013 menunjukkan peningkatan kesehatan tiroid yang mengesankan dari terapi cahaya. Banyak peserta mampu mengurangi atau menghilangkan obat tiroid mereka. Selama sembilan bulan tindak lanjut penelitian, 47 persen peserta tidak lagi membutuhkan obat.

Studi lain juga menemukan bahwa fotobiomodulasi dapat membantu mengurangi kebutuhan akan obat. Ini adalah temuan besar mengingat begitu banyak pasien tiroid diberitahu bahwa mereka harus minum obat selama sisa hidup mereka.

Ketika melihat Hashimoto (masalah tiroid autoimun) secara khusus, penelitian ini juga menemukan pengurangan antibodi tiroid peroksidase (TPOAb). Antibodi ini menunjukkan kondisi tiroid autoimun. Mengurangi jumlah antibodi ini berarti pasien memiliki lebih sedikit reaksi hiper autoimun dan dapat menghindari beberapa masalah dengan penyakit tiroid autoimun.

Seperti yang dikatakan Dr. Isabella Wentz dalam posting blog ini, fotobiomodulasi dapat mengurangi antibodi ini dengan meningkatkan transformasi faktor pertumbuhan B (TGF-B). Sitokin ini membantu mengurangi autoimunitas tiroid dengan membuat tubuh lebih toleran terhadap dirinya sendiri.

Kesehatan Sendi

Produksi energi dan kesehatan sel, serta produksi kolagen, berperan dalam kesehatan sendi dan muskuloskeletal. Kolagen bertindak sebagai penyerap kejut pada sendi dan juga bertindak sebagai lem untuk menyatukannya. Pada penyakit degeneratif seperti radang sendi, kekurangan kolagen dan peningkatan peradangan sering terjadi. PBM dapat membantu mengurangi gejala penyakit jaringan degeneratif. Sebuah tinjauan sistematis Cochrane 2009 menemukan bahwa PBM bermanfaat untuk mengobati nyeri dan kekakuan rheumatoid arthritis.

Menurut sebuah penelitian tahun 2009, pasien dengan penyakit jaringan degeneratif lainnya juga menemukan bantuan yang bertahan lama dari pengobatan PBM.

Cara Menggunakan Terapi Photobiomodulation

Anda dapat menemukan perawatan ini di beberapa kantor rheumatologist atau dermatologist, dan beberapa spa dan salon juga dapat menawarkan terapi ini dengan $ 50- $ 100 per sesi. PBM masih dianggap sebagai pengobatan alternatif oleh banyak profesional kesehatan (meskipun disetujui oleh FDA) sehingga membuat perusahaan asuransi Anda membayarnya mungkin sulit.

Menurut Michael R. Hamblin, Ph.D., PBM mungkin akhirnya masuk ke arus utama, sehingga dapat dilindungi oleh asuransi di masa depan.

Apa yang saya lakukan

Karena kondisi tiroid saya dan harga tinggi penggunaan di kantor, saya membeli perangkat fotobiomodulasi untuk digunakan di rumah.

Saya menggunakan lampu Combo JoovvOriginal karena menggunakan kombinasi panjang gelombang. (Panjang gelombang frekuensi yang lebih tinggi menawarkan penetrasi yang lebih dalam sementara panjang gelombang yang lebih rendah menawarkan peremajaan sel.) Ia juga menggunakan lampu LED yang memanfaatkan kepadatan daya yang rendah (hingga 100 mW / cm2) dan bertahan lama.

Saya mewawancarai pembuat lampu Joovv di podcast ini sehingga Anda dapat mendengar semua detail sains-geek yang menarik!

Perhatian & Efek Samping

Ini adalah salah satu terapi yang diteliti dengan baik. (PBM pertama kali diteliti oleh NASA!) Ini adalah terapi yang disetujui FDA dan dianggap aman bagi kebanyakan orang.

Ada beberapa peringatan:

PBM dianggap aman untuk wanita hamil tetapi saya tetap menyarankan Anda berbicara dengan bidan atau dokter sebelum mengambil keputusan.
Beberapa mesin PDM menggunakan cahaya berdenyut. Siapa pun yang memiliki riwayat kejang akan lebih baik dengan cahaya yang tidak berdenyut. (Saya tidak melihat manfaat apa pun dari cahaya yang berdenyut sehingga saya tetap menghindarinya.)
Lampu merah dari mesin PDM dianggap aman tetapi mungkin terlalu terang untuk kenyamanan bagi sebagian orang. Mengenakan kacamata penyamakan bisa membantu.

Seperti biasa, diskusikan terapi baru dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memastikan itu tepat untuk Anda. Secara pribadi, saya suka lampu Joovv saya dan telah melihat manfaat besar pada saat saya menggunakannya, yang saya tulis lebih banyak di sini.

0 Response to "Bagaimana Terapi Fotobiomodulasi Dapat Meningkatkan Kulit, Rambut, Metabolisme, dan Tiroid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel