9 Rahasia Golongan Darah Anda Mengungkapkan Tentang Anda

9 Rahasia Golongan Darah Anda Mengungkapkan Tentang Anda

9 Rahasia Golongan Darah Anda Mengungkapkan Tentang Anda
9 Rahasia Golongan Darah Anda Mengungkapkan Tentang Anda
Anda pikir mengetahui golongan darah Anda adalah sesuatu yang dilakukan orang untuk bersenang-senang. Ini sebenarnya bisa menjadi jendela kesehatan Anda. Dari penyakit jantung dan stroke hingga jenis kanker tertentu, inilah mengapa golongan darah Anda penting.

Golongan darah Anda penting

Kecuali Anda baru saja diberi darah, Anda mungkin tidak terlalu memikirkan tipe darah Anda. Ada atau tidaknya molekul tertentu yang disebut antigen A atau B, serta protein yang disebut faktor Rh, menentukan mana dari delapan jenis darah umum yang Anda miliki mengalir melalui pembuluh darah Anda. (Grup: A +, A-, B +, B-, AB +, AB-, O + atau O-.) Namun, antigen ini membuat perbedaan di luar hanya darah Anda, memengaruhi sistem tubuh lain seperti pembuluh darah, sel saraf, dan darah Anda. trombosit — itulah sebabnya golongan darah Anda dapat memengaruhi risiko penyakit tertentu. Inilah mengapa Anda harus tahu golongan darah apa yang Anda miliki.

Tipe A, B, AB: Penyakit jantung

Golongan darah non-O memiliki kadar protein pembekuan darah 25 hingga 30 persen lebih tinggi yang dikenal sebagai faktor von Willebrand dan faktor VIII. Sebagian, karena perbedaan itu, orang-orang ini juga memiliki risiko 15 persen lebih besar meninggal akibat penyakit jantung, lapor penelitian 2015 dari BMC Medicine. Pelajari 9 hal yang perlu Anda ketahui tentang serangan jantung.

Tipe O: Menurunkan risiko pembekuan darah

Mengingat tipe O memiliki jumlah protein yang lebih rendah yang membantu pembekuan darah, mereka juga lebih kecil untuk menderita pembekuan darah. (Kelemahannya adalah pembekuan darah membantu mencegah pendarahan yang berlebihan.) Yang mengatakan, ada banyak hal yang menyebabkan pembekuan darah. "Tidak boleh diasumsikan bahwa menjadi golongan darah O berarti seseorang 'dilindungi' atau golongan darah A berisiko lebih tinggi," kata Anggota Dewan Masyarakat Hematologi Amerika Terry B. Gernsheimer, MD. Berikut adalah gejala-gejala gumpalan darah yang tidak boleh Anda abaikan.

Tipe O: Masalah kesuburan

O mungkin merupakan golongan darah yang paling umum, tetapi dapat mengganggu kehamilan. Seperti yang dicatat oleh penelitian dari Fakultas Kedokteran Albert Einstein, O dua kali lebih mungkin memiliki kadar hormon perangsang folikel (FSH) — tingkat yang cukup tinggi untuk menunjukkan cadangan ovarium yang rendah.

Jenis Non-O: Peningkatan risiko kanker lambung

Temuan lain yang menarik dari studi Pengobatan BMC: Golongan darah non-O (A, B, atau AB) juga memiliki peningkatan risiko kanker lambung, mungkin karena respons inflamasi terhadap bakteri H. pylori, para peneliti menulis. (Bakteri adalah penyebab tukak lambung.) Inilah cara untuk mengetahui apakah rasa sakit Anda berasal dari maag.

Jenis Non-O: Trombosis vena dalam

Karena perbedaan dalam pembekuan, golongan darah A / B adalah 31 persen lebih mungkin untuk menderita tromboemboli vena — gumpalan yang terbentuk di pembuluh darah bagian dalam kaki, pangkal paha, atau lengan — dibandingkan dengan tipe O, menurut penelitian dari Universitas Minnesota. Pelajari cara mencegah deep vein thrombosis saat berada di pesawat terbang.

Tipe AB: Kehilangan memori

Meskipun AB adalah golongan darah yang paling tidak umum, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan AB adalah 82 persen lebih mungkin untuk mengembangkan masalah kognitif di masa depan. Mungkin karena golongan darah ini datang bersama dengan tingkat faktor VIII yang lebih tinggi, kata penulis penelitian.

Tipe A atau B: Diabetes

Orang dengan golongan darah A atau B memiliki risiko hingga 21 persen lebih besar terkena diabetes tipe 2, per Diabetologia. (B positif memiliki peluang tertinggi.) Sementara para peneliti mencatat bahwa itu tidak diketahui mengapa, satu pemikiran adalah bahwa golongan darah mungkin mempengaruhi microbiome GI, yang dapat mempengaruhi metabolisme glukosa dan peradangan.

Itu tidak bisa memberi tahu Anda tentang diet sempurna Anda

Anda mungkin pernah mendengar orang berbicara tentang diet yang trendi: bahwa makan dan menghindari makanan tertentu berdasarkan golongan darah Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda dan menurunkan risiko penyakit. Namun, sebuah tinjauan pada 2013 di American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang membuktikan jenis diet ini benar-benar berhasil. Studi lain menemukan bahwa meskipun mengikuti diet mungkin berhasil, itu tidak ada hubungannya dengan golongan darah spesifik seseorang. Cari tahu lebih lanjut tentang diet golongan darah.

Mungkin tidak akan memberi tahu Anda tentang kepribadian Anda

Ada teori bahwa golongan darah Anda dapat menjelaskan mengapa Anda bertindak seperti itu. Sementara itu sebagian besar belum terbukti, satu penelitian Jepang menemukan bahwa beberapa sifat berbeda antara kelompok darah. Orang-orang dengan tipe A, misalnya, memiliki skor kegigihan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tipe B atau O. Bahkan para peneliti mencatat bahwa tidak ada cukup data untuk membuktikan hubungannya. Sampai kami tahu lebih banyak, sepertinya golongan darah Anda tidak bisa menjadi kambing hitam untuk perilaku Anda.

Apa yang perlu diketahui tentang penelitian golongan darah

Ingatlah bahwa penelitian yang mengaitkan golongan darah dan kondisi kesehatan mengamati studi populasi, sehingga penelitian hanya dapat menemukan hubungan — bukan karena golongan darah Anda yang menjadi penyebabnya. "Risiko untuk satu orang adalah multifaktorial," kata Dr. Gernsheimer. Itu berarti kebiasaan harian Anda — apa yang Anda makan, tingkat aktivitas Anda, cara Anda menangani stres, riwayat keluarga Anda — membuat perbedaan besar dalam risiko pribadi Anda.

Anda tidak perlu memeriksa hidup Anda karena golongan darah Anda

Golongan darah Anda tentu tidak menentukan nasib Anda jika menyangkut kesehatan Anda. “Penting untuk memahami bahwa golongan darah juga berbeda-beda dalam berbagai etnis dan di dalam kelompok etnis tergantung di mana mereka menetap selama migrasi. Perbedaan-perbedaan dalam budaya ini dapat menyebabkan perbedaan dalam pola makan dan gaya hidup yang selanjutnya memengaruhi risiko, ”kata Dr. Gernsheimer.

Meskipun ada banyak cara golongan darah Anda dapat memengaruhi kesehatan Anda, “tidak ada bukti bagus bahwa gaya hidup seseorang harus diubah karenanya,” kata Dr. Gernsheimer. Dan bukan terserah Anda untuk memiliki info ini jika Anda memerlukan transfusi darah, katanya. Tenaga kesehatan tidak akan bergantung pada kata Anda untuk itu — mereka akan memeriksanya terlebih dahulu. Semua itu untuk dikatakan: jangan turun jika Anda tidak tahu. Selanjutnya, pelajari fakta-fakta yang tidak jelas tentang tubuh Anda yang tidak pernah Anda ketahui.

0 Response to "9 Rahasia Golongan Darah Anda Mengungkapkan Tentang Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel