Kanker payudara: Makanan kaya Omega-3 dapat menghentikan penyebaran tumor

Kanker payudara: Makanan kaya Omega-3 dapat menghentikan penyebaran tumor - Penelitian baru menunjukkan bahwa diet yang kaya akan asam lemak omega-3 laut memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara pada tikus betina. Makanan yang diperkaya dengan omega-3 juga meningkatkan kelangsungan hidup tikus.

Kanker payudara: Makanan kaya Omega-3 dapat menghentikan penyebaran tumor
Kanker payudara: Makanan kaya Omega-3 dapat menghentikan penyebaran tumor
Sejumlah besar penelitian memuji manfaat diet kaya asam lemak omega-3. Lemak sehat ini ditemukan dalam ikan, makanan laut, kacang-kacangan, dan biji-bijian, juga dalam minyak ikan, minyak nabati, dan beberapa makanan yang diperkaya.

Sebagai contoh, sebuah penelitian ekstensif terhadap hampir setengah juta orang, yang berlangsung sekitar 16 tahun, baru-baru ini menemukan bahwa makan lebih banyak ikan dan omega-3 rantai panjang mengurangi risiko kematian dan dapat memperpanjang hidup.

Omega-3 dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular dan kognitif, berpotensi mencegah depresi, dan memiliki dampak positif pada kesehatan mental seseorang, beberapa penelitian mempertahankan.

Penelitian yang muncul telah mengeksplorasi hubungan antara omega-3 dan kanker. Studi pengamatan telah mengaitkan diet yang kaya akan asam lemak omega-3 laut dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah. Beberapa studi molekuler telah menyarankan bahwa omega-3 dapat menghentikan kanker dengan mengaktifkan pembunuh rasa sakit alami tubuh.

Sekarang, percobaan pada tikus menambah bukti yang semakin meningkat bahwa omega-3 diet mungkin memiliki sifat melawan kanker.

Asam lemak, seperti yang ditemukan dalam minyak ikan, dapat mencegah sel kanker payudara tumbuh dan menyebar, menyarankan sebuah makalah baru yang diterbitkan dalam Journal of Mammary Gland Biology and Neoplasia.

Saraswoti Khadge, mantan peneliti doktoral di laboratorium James Talmadge, seorang profesor patologi dan mikrobiologi di University of Nebraska Medical Center di Omaha, memimpin penelitian baru.

Minyak ikan dapat mengurangi tumor, menghambat metastasis

Khadge dan tim memberi makan dua kelompok tikus betina dewasa yang dietnya hampir sama. Namun, perbedaan utama adalah bahwa satu kelompok makan makanan yang kaya lemak tak jenuh ganda omega-6 yang berasal dari minyak zaitun, sedangkan kelompok lain menerima makanan yang mengandung minyak ikan omega-3 yang kaya.

Kemudian, para peneliti menyuntikkan tikus dengan sel kanker payudara 4T1, yang menyebabkan tumor menyebar dengan cepat ke kelenjar payudara. Selanjutnya, sel 4T1 dapat secara spontan bermigrasi ke situs lain, seperti tulang, paru-paru, dan hati.

Setelah 35 hari, para peneliti mengorbankan dan mengotopsi tikus-tikus itu, mengungkap efek dari kedua diet tersebut.

Dalam tikus yang menerima minyak ikan, sel-sel kanker payudara "secara signifikan" cenderung menyebar ke kelenjar payudara. Tumor yang berkembang di kelenjar payudara juga tumbuh jauh lebih lambat, yang mempengaruhi ukurannya.

Secara khusus, tumor kelenjar payudara pada kelompok omega-3 adalah 50 persen lebih kecil dari pada kelompok omega-6. Sel-sel kanker cenderung menyebar ke bagian lain tubuh pada kelompok omega-3, dan hewan pengerat ini juga memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik.

Omega-3 dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Talmadge berkomentar tentang temuan tersebut, dengan mengatakan, "Studi oleh Khadge memberikan wawasan tidak hanya pada dampak asam lemak omega-3 diet pada pertumbuhan tumor dan metastasis tetapi juga pada situs metastasis."

"Dengan demikian, tidak hanya situs metastasis umum berkurang tetapi juga pertumbuhan tumor sekunder di ovarium, ginjal, dan payudara kontralateral," lapor Prof. Talmadge.

Menariknya, jaringan-jaringan tikus omega-3 mengungkapkan lebih banyak sel T daripada jaringan omega-6. Sel T adalah sel darah putih anti-inflamasi yang memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat.

Jadi, peneliti utama berhipotesis bahwa diet kaya minyak ikan dapat mencegah penyebaran tumor dengan mengekang peradangan yang mendasari metastasis.

0 Response to "Kanker payudara: Makanan kaya Omega-3 dapat menghentikan penyebaran tumor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel