Pankreatitis akut

Pankreatitis akut

Apa itu pankreatitis akut?

Pankreas adalah organ yang terletak di belakang lambung dan dekat usus kecil. Ini menghasilkan dan mendistribusikan insulin, enzim pencernaan, dan hormon lain yang diperlukan.

Pankreatitis akut (AP) adalah radang pankreas. Ini terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan rasa sakit di daerah perut bagian atas (atau epigastrium). Rasa sakit sering menjalar ke punggung Anda.

pankreatitis-akut
pankreatitis-akut
AP juga dapat melibatkan organ lain. Ini juga dapat berkembang menjadi pankreatitis kronis jika Anda terus mengalami episode.

Apa yang menyebabkan pankreatitis akut?

Pankreatitis akut disebabkan secara langsung atau tidak langsung. Penyebab langsung memengaruhi pankreas itu sendiri, jaringannya, atau salurannya. Penyebab tidak langsung disebabkan oleh penyakit atau kondisi yang berasal dari tempat lain di tubuh Anda.

Batu empedu adalah salah satu penyebab utama pankreatitis akut. Batu empedu dapat menempel di saluran empedu dan memblokir saluran pankreas. Ini merusak cairan dari mengalir ke dan dari pankreas dan menyebabkan kerusakan.
Penyebab langsung

Penyebab langsung lain pankreatitis akut meliputi:
  • serangan sistem kekebalan mendadak pada pankreas, atau pankreatitis autoimun
  • kerusakan pankreas atau kantong empedu akibat pembedahan atau cedera
  • lemak berlebihan yang disebut trigliserida dalam darah Anda

Penyebab tidak langsung

Penyebab tidak langsung dari pankreatitis akut meliputi:
  • penyalahgunaan alkohol
  • cystic fibrosis, suatu kondisi serius yang memengaruhi paru-paru, hati, dan pankreas Anda
  • Penyakit Kawasaki, penyakit yang terjadi pada anak-anak di bawah 5 tahun
  • infeksi virus seperti gondong dan infeksi bakteri seperti mikoplasma
  • Sindrom Reye, suatu komplikasi dari virus tertentu yang juga dapat mempengaruhi hati
  • obat-obatan tertentu yang mengandung estrogen, kortikosteroid, atau antibiotik tertentu

Siapa yang berisiko pankreatitis akut?

Minum terlalu banyak alkohol dapat membuat Anda berisiko mengalami peradangan pankreas. National Institutes of Health (NIH) mendefinisikan "terlalu banyak" karena lebih dari satu minuman sehari untuk wanita dan maksimal dua minuman sehari untuk pria. Pria lebih berisiko daripada wanita untuk mengembangkan pankreatitis terkait alkohol.

Merokok tembakau juga meningkatkan peluang AP Anda. Tingkat merokok dan minum serupa pada orang Amerika kulit hitam dan putih, tetapi orang Amerika kulit hitam lebih dari dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan AP. Riwayat keluarga dengan kanker, peradangan, atau kondisi pankreas lainnya juga membuat Anda berisiko.

Mengenali gejala-gejala pankreatitis akut

Gejala utama pankreatitis akut adalah nyeri perut.

Nyeri dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu. Ini termasuk:
  • rasa sakit dalam beberapa menit setelah minum atau makan makanan
  • rasa sakit menyebar dari perut Anda ke punggung atau daerah bahu kiri
  • rasa sakit yang berlangsung selama beberapa hari sekaligus
  • rasa sakit saat Anda berbaring telentang, lebih daripada saat duduk
Gejala lain juga dapat meningkatkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ini termasuk:
  • demam
  • mual
  • muntah
  • berkeringat
  • penyakit kuning (kulit menguning)
  • diare
  • kembung
Ketika salah satu gejala ini disertai dengan sakit perut, Anda harus segera mencari perawatan medis.

Mendiagnosis pankreatitis akut

Dokter Anda dapat mendiagnosis AP dengan menggunakan tes darah dan pemindaian. Tes darah mencari enzim (amilase dan lipase) yang bocor dari pankreas. Ultrasonografi, CT, atau MRI memungkinkan dokter Anda untuk melihat adanya kelainan di atau sekitar pankreas Anda. Dokter Anda juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda dan meminta Anda untuk menggambarkan ketidaknyamanan Anda.

Mengobati pankreatitis akut

Seringkali Anda akan dirawat di rumah sakit untuk pengujian lebih lanjut dan untuk memastikan Anda mendapatkan cukup cairan, biasanya secara intravena. Dokter Anda dapat memesan obat untuk mengurangi rasa sakit dan mengobati kemungkinan infeksi. Jika perawatan ini tidak berhasil, Anda mungkin perlu operasi untuk mengangkat jaringan yang rusak, mengalirkan cairan, atau memperbaiki saluran yang tersumbat. Jika batu empedu yang menyebabkan masalah, Anda mungkin perlu operasi untuk mengangkat kantong empedu.

Jika dokter Anda menyimpulkan bahwa suatu obat menyebabkan pankreatitis akut Anda, segera hentikan penggunaan obat itu. Jika cedera traumatis menyebabkan pankreatitis Anda, hindari aktivitas sampai Anda sepenuhnya pulih dari perawatan. Periksa dengan dokter Anda sebelum meningkatkan aktivitas Anda.

Anda mungkin mengalami banyak rasa sakit setelah pankreatitis akut, pembedahan, atau perawatan lainnya. Jika diresepkan obat penghilang rasa sakit, pastikan untuk mengikuti rencana dokter Anda untuk mengurangi ketidaknyamanan Anda begitu Anda tiba di rumah. Hindari merokok sepenuhnya, dan minum banyak cairan untuk memastikan Anda tidak mengalami dehidrasi.

Jika rasa sakit atau ketidaknyamanan masih tak tertahankan, penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi tindak lanjut.

Pankreatitis akut kadang-kadang dikaitkan dengan diabetes tipe 2, yang memengaruhi produksi insulin Anda. Makan makanan seperti protein tanpa lemak, sayuran berdaun, dan biji-bijian dapat membantu pankreas Anda memproduksi insulin secara lebih teratur dan lembut.

Gaya hidup dan diet

Tetap terhidrasi setiap saat. Simpan botol air atau minuman yang mengandung elektrolit seperti Gatorade.

Bantu mencegah AP dengan membatasi jumlah alkohol yang Anda minum. Jika Anda sudah menderita pankreatitis dan belum melakukan perubahan gaya hidup, Anda dapat mengembangkannya lagi. Anak-anak, dan remaja di bawah usia 19 tahun, tidak boleh mengonsumsi aspirin kecuali jika dokter meresepkannya. Aspirin dapat menyebabkan sindrom Reye, yang dikenal sebagai pemicu pankreatitis akut.

Komplikasi pankreatitis akut

Pankreatitis akut dapat menyebabkan pseudokista di pankreas Anda. Karung berisi cairan ini dapat menyebabkan infeksi dan bahkan perdarahan internal. Pankreatitis akut juga dapat mengganggu keseimbangan kimia tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan lebih banyak komplikasi.

Anda mungkin juga menghadapi kemungkinan diabetes atau masalah ginjal yang menyebabkan dialisis. Atau malnutrisi, jika pankreatitis akut Anda parah, atau jika Anda menderita pankreatitis kronis dari waktu ke waktu.

Pada beberapa orang, pankreatitis akut dapat menjadi tanda pertama kanker pankreas. Bicaralah dengan dokter Anda tentang perawatan segera setelah Anda didiagnosis menderita pankreatitis akut untuk menghindari komplikasi. Perawatan yang cepat dan efektif mengurangi risiko komplikasi Anda secara signifikan.

Prospek

Pankreatitis dapat menyebabkan rasa sakit jangka pendek yang serius. Kasus dan kekambuhan yang tidak diobati dapat menyebabkan masalah kronis. Sebagian besar kasus dapat diobati. Jika Anda dirawat di rumah sakit karena pankreatitis akut, berapa lama Anda harus tinggal berdasarkan tingkat keparahan episode Anda. Hindari minum alkohol, olahraga berat, dan ikuti rencana diet yang memungkinkan pankreas Anda sembuh sebelum kembali ke diet normal Anda.

Gejala pankreatitis bisa membingungkan. Nyeri perut dan nyeri punggung dapat memiliki penyebab lain. Jika Anda melihat gejala-gejala ini, temui dokter Anda.

Pankreatitis akut dapat diobati dengan sukses, dan biasanya perubahan gaya hidup akan memungkinkan Anda menjalani hidup Anda dengan nyaman, bahkan jika Anda mengalami flare-up sekarang dan kemudian. Bicaralah dengan dokter Anda untuk memastikan Anda mengikuti rencana perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko serangan pankreatitis akut di masa depan.

0 Response to "Pankreatitis akut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel